Selasa, 17 Januari 2012

Seksualitas.Net | Definisi, Tujuan, Cara dan Risiko Melakukan Vasektomi

Seksualitas.Net | Definisi, Tujuan, Cara dan Risiko Melakukan Vasektomi


Definisi, Tujuan, Cara dan Risiko Melakukan Vasektomi

Posted: 17 Jan 2012 07:31 PM PST

Apakah yang dimaksud dengan vasektomi? Apakah vasektomi aman bagi kesehatan lelaki? Benarkah gairah seks pria akan menurun jika melakukan vasektomi? Sejujurnya, banyak kaum pria di dunia ini yang belum memahami vasektomi. Bahkan mendengar kata vasektomi saja sudah bikin lelaki keder. Jangan ikutan vasektomi ah, nanti saya nggak greng lagi di atas ranjang. Mungkin itulah pernyataan singkat pria jika mereka ditawari melakukan operasi vasektomi.

Supaya pemahaman terhadap vasektomi tidak salah kaprah, kali ini akan kita bahas definisi, cara operasi, tujuan, efek, dan resiko yang ditimbulkan dari operasi vasektomi. Plus beberapa tips pasca operasi vasektomi, dan supaya terjadi kesalahpahaman saat membaca artikel ini harap baca dengan pelan-pelan. Hindari fast reading supaya makna yang ditangkap utuh dan tidak terpotong-potong. Mari kita mulai.

Definisi Vasektomi

Sistem kontrasepsi vasektomi

Operasi vasektomi - kidspot

Vasektomi adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang dilakukan oleh banyak negara di dunia untuk menekan angka pertambahan penduduk. Dalam kenyataannya, vasektomi memang kurang populer dibanding metode kontrasepsi lainnya seperti suntik KB, minum pil KB, memakai kondom, maupun kontrasepsi alami dengan cara menghitung kalender.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa vasektomi adalah operasi kecil mengikat saluran sperma pria sehingga benih pria tidak mengalir ke dalam air mani pria. Dengan vasektomi, seorang pria tidak bisa lagi menghamili wanita karena saat ejakulasi air mani pria tidak mengandung sel sperma.

Perlu Anda ketahui bahwa air mani pria yang terpancar ke dalam vagina saat berhubungan intim bukan hanya mengandung sel sperma, tetapi juga terdapat cairan seminal dan getah yang dihasilkan oleh prostat. Percampuran ketiga cairan tersebut menjadikan air mani berbentuk kental dan memiliki volume yang banyak. Saat ejakulasi seorang pria pada umumnya menghasilkan 5 cc air mani, volume air sperma bisa bertambah atau berkurang tergantung kesehatan pria tersebut. Nah, dari 5 cc air sperma tersebut yang berisi sel sperma hanya 5 persen saja. Artinya, hanya 0.15 cc saja air sperma yang mengandung sel sperma.

Tujuan Vasektomi

Pria yang melakukan vasektomi adalah ayah yang memiliki kesadaran untuk terlibat langsung dalam hal mengatur kelahiran anak. Lebih dari itu, hal ini adalah sebagai bentuk kepedulian seorang pria untuk aktif memilih kontrasepsi selain partisipasi dari pihak wanita. Alasan yang umum diambil mengapa pria vasektomi adalah karena isteri mengalami alergi terhadap metode kontrasepsi tertentu sehingga pria mengambil alih tugas kontrasepsi.

Operasi vasektomi dilakukan dengan tujuan agar pria tidak bisa menghamili wanita secara permanen. Secara permanen? Benar sekali. Jika Anda seorang pria dan memutuskan untuk melakukan vasektomi, maka harus dipertimbangkan terlebih dulu untung ruginya. Benarkah sudah tidak ingin memiliki anak? Apakah isteri sudah tidak ingin hamil. Jika masih ingin punya anak lagi, sebaiknya memilih metode kontrasepsi lainnya yang memungkinkan kehamilan terjadi bila menghentikan pemakaian.

Cara Operasi Vasektomi

Terdapat beberapa cara yang dilakukan oleh tim medis dalam melakukan operasi vasektomi terhadap seorang pria. Cara tersebut adalah:

1. Vasektomi dengan cara konvensional.

Vasektomi dengan cara konvensional dilakukan dengan memotong pipa saluran sperma yang berada di bagian kiri dan kanan pria. Pertama-tama, pria tersebut dibius lokal melalui injeksi pada kulit sekitar skrotum (kantong buah zakar). Setelah itu tim medis meraba kulit tersebut untuk menemukan keberadaan pipa kecil yang disebut dengan saluran sperma.

Kalau sudah ketemu lalu kulit disobek dan pipa tersebut ditarik keluar untuk diikat pada kedua ujungnya. Ingat, saluran ini ada dua, yaitu bagian kiri dan kanan. Oleh karena itu, pengikatan harus pada kedua bagian. Setelah saluran sperma diikat, lalu dimasukkan kembali ke lokasi awal dan dijahit. Oke, selesai! Tidak begitu rumit kan? Operasi vasektomi ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

2. Vasektomi dengan cara pembakaran.

Dibakar? Benarkah saluran sperma pria akan dibakar layaknya orang membakar sate? Jangan keburu takut dulu. Itu hanya sebutan untuk operasi medis vasektomi yang satu ini. Vasektomi dengan cara pembakaran dalam bahasa medis disebut cauterisasi. Dalam hal ini dokter tidak perlu melakukan operasi pembedahan pada kulit sekitar kantong buah zakar.

Vasektomi dengan cara cauterisasi dilakukan dengan cara menempatkan jarum tertentu langsung mengarah kepada saluran sperma pria yang berada di balik kulit sekitar buah zakar. Setelah saluran sperma ditemukan, maka dilakukan cauterisasi. Selesai. Hasil vasektomi dengan cara ini sama dengan vasektomi secara konvensional, yaitu mengakibatkan saluran sperma buntu dan tidak dapat menghamili wanita.

3. Vasektomi dengan bantuan Vasclip.

Perkembangan teknologi terkini menghadirkan cara vasektomi terbaru dengan menggunakan clip atau alat penjepit. Cara ini telah dipraktekkan di negara Amerika Serikat mulai tahun 2002 melalui persetujuan badan kesehatan Amerika. Karena vasektomi dilakukan dengan bantuan klip, maka cara ini disebut sebagai vasclip. Sayangnya, metode vasektomi yang satu ini hanya berlaku di Amerika saja dan belum masuk ke Indonesia.

Vasclip bekerja dengan cara menjepit saluran sperma pada kedua sisi sehingga tidak bisa mengalirkan benih laki-laki. Klip yang dibuat khusus berukuran sebutir telur dijepitkan ke pipa saluran lelaki dan sifatnya permanen, sama seperti dua cara vasektomi di atas.

Tips Setelah Melakukan Operasi Vasektomi

Setelah seorang pria melakukan vasektomi, disarankan agar tidak melakukan aktifitas yang berat beberapa hari pasca operasi. Hindari mengangkat beban berat berlebihan sampai kurun waktu seminggu sesudah vasektomi. Hal ini untuk mencegah pembengkakan pada jahitan sekitar wilayah kantong buah zakar.

Oh ya, jangan lupa mengompres kulit sekitar daerah jahitan dengan es batu agar rasa nyeri yang ditimbulkan tidak terlalu hebat. Setelah melakukan operasi vasektomi juga disarankan agar pria memakai celana khusus agar pergerakan tubuh tidak terlalu mengganggu proses penyembuhan luka bedah.

Dan satu hal yang utama adalah hindari melakukan hubungan seksual dengan isteri tanpa pengaman selama beberapa minggu. Lama atau tidaknya waktu tersebut tergantung volume sel sperma yang dihasilkan sebelum vasektomi. Namun, sebagian besar dokter menyarankan tetap menjalankan kontrasepsi lain (kondom, pil KB, suntik KB dan lain-lain) minimal 8 minggu setelah masa operasi vasektomi.

Jadi buat bapak-bapak, mohon menahan diri untuk tidak segera mengajak isteri berhubungan badan tanpa memakai kondom sebelum cairan sperma dinyatakan bersih secara tes medis dari kandungan sel sperma. Karena kalau cairan air mani masih mengandung sel sperma, maka masih ada kemungkinan untuk menghamili seorang wanita.

Risiko Operasi Vasektomi Untuk Kesehatan Pria

Efek setelah operasi vasektomi

Efek pasca operasi vasektomi - everydayhealth.com

Lelaki yang telah melakukan vasektomi pada umumnya mengeluhkan terjadi rasa nyeri pada wilayah kulit yang baru saja dijahit dalam kurun waktu beberapa hari pasca oprasi kecil ini. Namun Anda jangan khawatir karena rasa nyeri ini akan berangsur-angsur hilang dalam waktu beberapa hari.

Ada tips khusus yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa nyeri pasca vasektomi. Yaitu dengan cara mengompres daerah sekitar kantong buah zakar dengan es batu setelah 24 jam masa operasi. Cara ini terbilang klasik namun bisa meredakan efek nyeri yang ditimbulkan vasektomi. Bila nyeri pasca vasektomi masih berlanjut sampai beberapa minggu, Anda sebaiknya menghubungi dokter untuk memeriksa apakah ada masalah serius pada saluran sel sperma Anda.

Selama ini tidak ada efek buruk vasektomi yang mempengaruhi kehidupan seks seorang pria. Pria tetap bisa perkasa seperti sedia saat beraksi di atas ranjang. Jadi jangan takut penis Anda akan loyo setelah vasektomi. Ingat, yang diputus salurannya hanyalah sel sperma penyebab wanita hamil, bukan cairan seminal dan getah prostat. Dalam paragraf di atas sudah dijelaskan bahwa air mani hanya berkurang 5 persen dari kondisi biasanya. Pengurangan sedikit air mani tidak akan mempengaruhi kepuasan seks secara menyeluruh.

Berita gembiranya adalah vasektomi bisa menambah kejantanan seorang pria. Nah, kalau yang ini pasti semua pria mau tahu. Bagaimana penjelasannya? Terputusnya saluran sel sperma pria berarti tidak semua air mani dikeluarkan. Ini artinya dalam tubuh pria masih mengandung lebih banyak hormon adrenalin yang mempengaruhi sifat jantan. Dengan volume adrenalin yang lebih banyak dari biasanya, maka bisa dipastikan seorang pria akan memiliki daya dorong seks yang lebih kuat dari kondisi normal. Selamat menikmati deh!

Resiko Melakukan Vasektomi

Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai dampak buruk vasektomi pada pria. Seperti telah dijelaskan dalam paragraf di atas, keluhan terjadinya pembengkakan bisa diatasi dengan jalan mengompres 24 jam pasca operasi. Vasektomi merupakan operasi kecil layaknya sunat, sehingga resiko yang terjadi sangat kecil. Kalaupun terjadi pembengkakan dalam waktu lama, hal tersebut biasanya terjadi akibat pria telah memiliki riwayat penyakit sebelumnya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa vasektomi mengakibatkan pria tidak bisa menghamili wanita untuk selamanya. Ada kalanya pasangan suami isteri muda salah memprogram membuat anak sehingga suami terlanjur vasektomi dan tidak bisa memiliki anak lagi. Oleh karena itu, keputusan vasektomi harus benar-benar dipertimbangan dengan matang karena menyangkut kelestarian anggota keluarga.

Bagaimana dengan sel sperma yang tidak disalurkan selama berhubungan badan? Apakah sel sperma tersebut akan merusak kesehatan badan? Tim medis menjelaskan bahwa sel sperma yang tidak keluarkan sebagian besar akan diserap kembali oleh tubuh dalam bentuk energi. Jadi dalam hal ini sel sperma tidak akan membahayakan kesehatan pria dan pria tetap bisa menikmati seks.

Praktek Vasektomi di Indonesia

Praktek penggunaan vasektomi di Indonesia belum begitu populer dibanding metode kontrasepsi lainnya. Partisipasi pengendalian laju penduduk masih didominasi oleh kaum wanita. Alat kontrasepsi yang banyak dipilih orang Indonesia masih berkisar antara pil KB, suntik KB dan susuk KB. Hanya sebagian sedikit pria yang memakai alat kontrasepsi kondom karena mereka mengaku tidak nyaman saat memakai kondom ketika berhubungan badan dengan isteri..

Meski vasektomi bukan pilihan populer dalam mencegah kehamilan, saat ini di Indonesia telah banyak rumah sakit dan klinik kesehatan yang melayani vasektomi. Tantangan terbesarnya adalah kendala psikologis pada kaum wanita. Karena pria yang menjalani vasektomi sudah tidak mungkin menghamiliki wanita lain, maka para wanita khawatir jika hal ini dimanfaatkan oleh pria untuk melakukan perselingkuhan tanpa khawatir resiko hamil di luar nikah. Sehingga yang mengalami keberatan pengajuan vasektomi umumnya berasal dari pihak isteri karena takut suaminya macam-macam di luaran sana.

Diluar faktor penyalahgunaan vasektomi dan pro-kontra yang diakibatkan, vasektomi adalah salah satu pilihan tepat bagi pria dalam upaya berperan aktif mengendalikan laju penduduk di negara berkembang. Ledakan jumlah penduduk bukan saja melahirkan beragam masalah pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya, tetapi juga menurunkan kualitas hidup warga Indonesia karena tingkat pendapatan perkapita penduduk yang masih rendah. Hendaknya kita tidak menyerahkan masalah kontrasepsi hanya kepada wanita. Pria juga bisa memberi peran dalam pembangunan bangsa ini.

Semoga artikel mengenai definisi, tujuan, cara, resiko dan efek vasektomi ini bisa berguna untuk Anda. Tips melakukan vasektomi ini akan memberi manfaat bila suami dan isteri bersedia berkomunikasi secara aktif sebelum mengambil keputusan penting untuk vasektomi.

Artikel Terkait Lainnya:

  1. Vasektomi, Bikin Seks Tambah Hot
  2. Tips: Cara Melakukan Onani Yang Benar dan Sehat Untuk Pria
  3. Definisi dan Ciri-Ciri Disfungsi Ereksi
  4. Cara Melakukan Analisis Sperma
  5. Faktor Risiko Penyebab Kanker Penis Pada Pria

Turunkan Berat Badan Bisa Sembuhkan Disfungsi Ereksi

Posted: 16 Jan 2012 10:18 PM PST

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Sexual Medicine mengungkapkan bahwa pria penderita diabetes tipe 2 bisa mengalami peningkatan kembali fungsi ereksi, gairah seksual dan penurunan gejala infeksi saluran kemih jika melakukan upaya penurunan berat badan.

Penelitian dipimpin oleh Profesor Gary Wittert, MBBch, MD, FRACP, FRCP dari Univesitas Adelaide, penelitian tersebut mempelajari dengan seksama 31 pria penderita obesitas atau kegemukan yang menderita diabetes tipe 2, penelitian dilakukan selama 8 minggu.

Turunkan berat badan bisa atasi disfungsi ereksi

Turunkan berat badan bisa atasi disfungsi ereksi

Para pria tersebut diminta melakukan diet makanan rendah kalori, tinggi protein, dan mengurangi asupan karbohidrat untuk mengurangi asupan 600 kalori setiap hari.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada pria penderita diabetes tipe 2, penurunan berat badan sebanyak 5% dapat mengembalikan fungsi seksual dan memperbaiki saluran kemih dalam rentang waktu 8 minggu, dan perbaikan fungsi-fungsi tubuh tersebut akan terus berjalan sampai 12 bulan ke depan.

“Temuan kami ini konsisten dengan penelitian sebelumnya bahwa penurunan berat badan tidak hanya akan memperbaiki fungsi ereksi tapi juga menurunkan gejala penyakit saluran kemih yang merupakan pertanda adanya masalah dalam sistem metabolik kardio,” ucap Wittert. “Penelitian ini adalah bukti bahwa perbaikan fungsi tubuh dapat dicapai dengan cara menurunkan berat badan, terutama jika disertai dengan asupan gizi yang berkualitas tinggi,” lanjut Professor Wittert.

Catatan penting dari penelian ini adalah faktor gaya hidup ternyata masih sangat relevan dan dapat secara positif mempengaruhi kinerja seksual manusia. Irwin Goldstein, kepala editor Journal of Sexual Medicine mengatakan bahwa ketika penggunaan obat disfungsi ereksi begitu populer saat ini, penelitian profesor Wittert memberi tahu kita bahwa fungsi ereksi bisa menjadi normal kembali dengan cara menurunkan berat badan.

“Metode ini adalah sebuah metode non farmakologis dan sebuah terapi alternatif yang sangat bagus untuk memulihkan ereksi, fungsi kandung kemih dan kardio vaskular,” ujar Goldstein.

Diabetes adalah salah satu penyebab disfungsi ereksi atau impotensi. Disfungsi ereksi adalah gangguan seksual pada pria dimana penis tidak bisa ereksi keras yang membuatnya gagal melakukan penetrasi vaginal ketika berhubungan seks. Sementara itu kegemukan adalah sebuah epidemik yang oleh penelitian yang dilakukan profesor Wittert didapatkan hubungan kuat antara jenis makanan yang baik, penurunan berat badan, fungsi seksual, kesehatan kandung kemih dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Artikel Terkait Lainnya:

  1. Jenis Disfungsi Ereksi : Berat
  2. Diabetes, Penyebab Disfungsi Ereksi
  3. Testosteron Rendah Sebabkan Disfungsi Ereksi
  4. Cara Mengukur Tingkat Disfungsi Ereksi
  5. Stres Sebabkan Banyak Pria Alami Disfungsi Ereksi

Tips Agar Panjang Umur dan Bahagia

Posted: 16 Jan 2012 08:50 PM PST

Harapan hidup rata-rata orang Amerika pada tahun 2007 yang lalu adalah 75 tahun. Jumlah harapan hidup tersebut meningkat secara dramatis dalam 50 tahun terakhir. Harapan hidup yang meningkat sudah seharusnya dibarengi dengan peningkatan kualitas hidup sebab umur panjang dan kualitas hidup sama pentingnya. Ibarat kata pepatah lama, untuk apa berumur panjang jika tidak bahagia.

Tips mendapatkan umur panjang dan bahagia

I'm old but i'm happy

Kemampuan menikmati hidup sepenuh-penuhnya membutuhkan waktu dan usaha terutama dalam hal menjaga kesehatan dan mencegah penyakit datang. Tubuh kita seperti sebuah mesin yang sangat kompleks yang butuh bahan bahan bakar berupa makanan, air dan udara untuk bertumbuh, berfungsi dan untuk memelihara kondisinya. Seperti mesin, tubuh butuh perawatan rutin agar bisa bertahan lama dan berfungsi dengan baik di sepanjang kehidupan yang dijalani.

Hanya menggunakan fungsi tubuh sebagaimana mestinya dan meminimalkan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu sistem tubuh akan membuat tubuh lebih kuat dan berdaya tahan lama. Seperti halnya merawat mobil, kita pasti secara rutin akan mengganti oli, filter, ban dan ketika dijalanan kita tentu akan mengemudikannya dengan hati-hati, semuanya itu kita lakukan agar kondisi mobil jadi awet, tidak sering mogok dan kondisi mobil menyenangkan ketika dikendarai.

Begitu pula halnya dengan menjalani hidup ini, agar kita bisa hidup lebih lama dengan kualitas hidup yang menyenangkan, kita harus senantiasa melakukan “servis berkala” terhadap tubuh. Menyirami jiwa dengan ajaran-ajaran agama, menyegarkan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dan gaya hidup yang teratur.

Dalam hal kesehatan, ada dua hal yang sering menimpa tubuh yaitu kecelakaan dari luar dan penyakit dari dalam tubuh. Kecelakaan bisa di hindari tapi tidak bisa tolak, jadi yang bisa dilakukan adalah berhati-hati terhadap segala potensi dari luar yang bisa mengganggu kenyamanan tubuh.

Faktor kedua adalah penyakit dari dalam yang biasanya muncul akibat gaya hidup dan makanan yang tidak sehat yang berakumulasi menjadi sebuah penyakit. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan sehingga anda dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan terhadap munculnya penyakit. Belajar untuk mendengarkan tanda-tanda peringatan tubuh dan gejala-gejala kecil yang mungkin sudah ada tapi kurang anda perhatikan. Seperti mobil, kipas radiator yang rusak perlu segera diganti, jika tidak maka akan merusak bagian mesin mobil yang lain.

Apa-apa saja penyakit yang kerap diderita dan bisa menyebabkan kematian? Berdasarkan laporan dari Center for Diseas Control and Prevention (CDC), setidaknya ada 10 jenis penyakit berbahaya bagi pria yang harus di perhatikan secara serius dan melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.

Penyakit-penyakit tersebut umumnya menyerang saat usia sudah tidak muda lagi, artinya daya tahan tubuh sudah menurun dan kemampuannya menahan virus dan bakteri penyebab penyakit tidak kuat lagi. Pada saat itulah banyak penyakit yang timbul seperti serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke dan gagal ginjal.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan umur yang panjang dan bahagia maka setiap orang harus menjaga kesehatannya selagi masih muda. Rajin berolahraga, hanya memakan makanan yang sehat, tidak merokok dan menghindari gaya hidup berbahaya seperti obat terlarang dan mabuk-mabukan yang hanya membuat hidup jadi tidak berkualitas. Dan terakhir untuk mendapatkan umur panjang, hidup sehat dan berkualitas tentunya jiwa perlu mendapat siraman rohani agar stres dan emosi bisa tersalurkan dengan baik.

Artikel Terkait Lainnya:

  1. Tidak Berhubungan Seks Membuat Umur Lebih Panjang
  2. Panjang Umur Karena Seks
  3. Pil KB Bikin Wanita Panjang Umur
  4. Cara Mengukur Panjang dan Diameter Penis
  5. Tips Agar Hubungan Dengan Pacar Tetap Langgeng

10 Penyakit Paling Berbahaya Bagi Pria

Posted: 16 Jan 2012 07:08 PM PST

Penyakit yang terjadi pada kaum pria pada umumnya bisa dicegah dengan menghindarkan diri dari kebiasaan-kebiasaan buruk dalam keseharian. Perilaku tidak sehat tersebut antara lain kebiasaan merokok, tidur larut malam, mengkonsumsi obat terlarang, mengkonsumsi minuman beralkohol, terlalu lama berada di jalan raya dan lain-lain.

Penyakit-penyakit tersebut pada umumnya berasal dari akumulasi gaya hidup dan konsumsi makanan tidak sehat yang secara terus menerus dilakukan sampai akhirnya tubuh tidak mampu lagi mengatasi dan menyebabkan fungsi tubuh terganggu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar 10 penyakit paling berbahaya yang sering menyerang pria berdasarkan laporan dari Center for Diseas Control and Prevention (CDC).

1. Serangan Jantung

Di negara Amerika Serikat, serangan jantung adalah penyakit pembunuh pria nomor satu. Jantung membutuhkan darah agar dapat menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Darah mengalir menuju jantung melalui arteri koroner yang berasal di dasar aorta dan menyebar ke seluruh permukaan jantung. Arteri koroner sangat rentan terjadi penyempitan akibat penumpukan kolesterol. Saat arteri tidak cukup lebar untuk mengalirkan darah, maka suplai darah menuju jantung akan mengalami hambatan.

10 penyakit berbahaya yang menyerang pria

Penyakit jantung

Gejala penyempitan pembuluh darah di jantung pada umumnya ditandai dengan nyeri dada, berkeringat, sesak napas, mual dan gangguan pencernaan. Bila aliran darah dalam jantung berhenti karena proses pembekuan, maka akan menyebabkan serangan jantung yang fatal dan bisa membahayakan nyawa. Pembekuan darah di jantung terjadi bila arteri tidak dapat mengalirkan darah sama sekali. Hal ini di awali dengan detak jantung yang tidak teratur hingga akhirnya terjadi serangan jantung mendadak.

Penyebab serangan jantung adalah riwayat keluarga, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, diabetes, kadar kolesterol tinggi. Kita memang tidak bisa meminta memiliki riwayat keluarga terkena serangan jantung, namun kita bisa mencegah serangan jantung melalui kebiasaan sehat sejak dini. Hindari merokok dan rajin olahraga pagi membantu kita terbebas dari penyakit jantung.

2. Kanker

Kanker yang paling banyak terjadi pada pria adalah kanker paru-paru. Penyebab terbanyak dari kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Merokok menyebabkan 90 persen penyakit paru-paru pada pria. Selain kanker paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan impotensi, kanker mulut, kanker tenggorokan dan kanker saluran pernapasan. Tembakau yang ada di dalam rokok mengandung nikotin yang bersifat karsenik, baik kepada perokok aktif maupun perokok pasif. Oleh karena itu, pria hendaknya menghentikan kebiasaan buruk merokok untuk menghindari terkena beragam penyakit kanker.

Selain itu, kanker yang sering terjadi pada pria adalah kanker prostat. Kanker prostat pada umumnya terjadi para pria usia senja dan menyerang saluran kencing. Kanker prostat tidak dapat terdeteksi pada usia muda sehingga perlu pemeriksaan secara teratur untuk mencegah kanker berkembang lebih parah. Kanker usus dan kanker testis adalah dua penyakit kanker lainnya yang terjadi pada kaum pria. Pemeriksaan kanker usus dilakukan dengan menganalisa feses penderita. Sedangkan pemeriksaan kanker testis dilakukan dengan menganalisa timbulnya pembengkakan, benjolan dan rasa nyeri yang ditimbulkan.

3. Kecelakaan

Kaum pria adalah golongan manusia yang memiliki hormon adrenalin tinggi sehingga mereka kerapkali melakukan aksi yang membahayakan nyawa. Kegiatan ini beresiko mengundang maut karena bisa saja terjadi kecelakaan yang merenggut korban nyawa. Pria dapat mencegah terjadinya kecelakaan fatal dengan meningkatkan kesadaran untuk menjaga keamanan dan keselamatan diri selama berkendara di jalan raya.

Bagi pengemudi mobil diharuskan memakai sabuk pengaman, sedangkan untuk pengendara motor harus melengkapi diri dengan helm. Saat pria melakukan olahraga di luar ruangan hendaknya juga memakai helm, misalnya olahraga bersepeda, sepatu roda, ski es dan lain-lain. Pemakaian helm dapat melindungi kepala dari kemungkinan terbentur benda keras.

Kecelakaan juga bisa terjadi selama pria berada di rumah akibat ledakan tabung gas dan racun karbonmonoksida. Pastikan semua peralatan telah berada dalam kondisi aman dan jauh dari jangkauan. Hindari pula mengkonsumsi minuman beralkohol selama bekerja sehingga mempengaruhi tingkat kesadaran Anda selama mengoperasikan peralatan mesin.

4. Stroke

Penyakit nomor 4 yang paling membahayakan pria adalah stroke. Penyakit stroke terjadi akibat gangguan aliran darah menuju otak sehingga sel-sel otak tidak berfungsi. Penyempitan pembuluh darah menuju otak, pembekuan darah di otak dan pecahnya pembuluh darah di otak adalah beberapa penyebab utama penyakit stroke. Penderita stroke umumnya mengalami gangguan penglihatan, kesulitan berbicara dengan benar dan kematian organ tubuh sebelah.

Sekali lagi, kebiasaan buruk merokok menjadi penyebab utama mengapa stroke banyak menyerang kaum pria dibanding wanita. Nikotin dan beragam senyawa beracun lain yang terdapat di dalam rokok menyumbat aliran darah menuju otak sehingga gejala-gejala stroke terjadi. Hal lain yang menyebabkan stroke adalah karena faktor keturunan, kadar kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi.

5. Penyakit Paru-Paru

Penyakit paru-paru yang umum menyerang laki-laki adalah dari jenis emfisema, pneumonia dan bronkitis. Ketiga penyakit ini disebabkan oleh racun yang terkandung di dalam asap rokok dan masuk ke sistem pernapasan. Manusia yang menghisap asap rokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif, dalam darahnya mengandung ribuan zat yang berbahaya. Masuknya racun ke dalam paru-paru menyebabkan berkurangnya kemampuan paru-paru menyebarkan oksigen ke dalam aliran darah.

Gangguan fungsi paru-paru ditandai dengan sesak napas akibat kekurangan oksigen. Sesak napas yang terjadi secara tiba-tiba bisa mengancam nyawa manusia dan mengakibatkan kematian mendadak. Bila manusia berhenti bernapas selama 4 menit maka sudah dipastikan dia akan meninggal. Berbagai penyakit akibat tidak berfungsinya paru-paru bisa dicegah dengan berhenti menjadi perokok, menghindari kebiasaan begadang dan menjaga kebersihan udara lingkungan dengan menanam pohon-pohon hijau.

6. Diabetes

Diabetes penyakit nomor 6 yang berbahaya bagi pria

Penyakit diabetes

Penyakit nomor 6 yang paling membahayakan pria adalah diabetes. Penyakit diabetes disebut juga dengan kencing manis dan penyakit gula darah. Sebagaimana kita tahu, organ pankreas bekerja dalam tubuh manusia dengan menghasilkan hormon insulin yang berfungsi mengubah glukosa menjadi energi. Diabetes terjadi karena kadar insulin dalam darah berada dalam level tidak normal. Kadar insulin sangat rendah dan tidak mampu mengubah seluruh glukosa sehingga sebagian akan dibuang melalui air seni.

Diabetes dapat menyebabkan kegagalan multi-organ bagi penderitanya. Penyakit komplikasi yang timbul akibat diabetes antara lain stroke, jantung, kebutaan, gagal ginjal, kerusakan sistem syaraf, hingga amputasi organ tubuh yang mengalami luka berkepanjangan. Diabetes dapat disembuhkan dengan menyuntikkan hormon insulin ke dalam tubuh dalam jumlah tertentu. Kaum pria dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes dengan cara menjaga pola makan yang tepat, berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan ideal.

7. Influenza

Penyakit influenza, biasa disingkat sebagai penyakit flu, pada umumnya dianggap remeh oleh sebagian besar masyarakat. Flu bisa terjadi kepada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Penyakit ini diakibatkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat cuaca ekstrim dan pola makan yang tidak teratur. Terjadinya flu seringkali disertai dengan demam, sakit kepala, batuk dan nyeri tenggokan. Kita bisa mencegah terkena penyakit flu dengan cara makan teratur, menghindari memakai barang penderita influenza dan berolahraga secara rutin.

Penyakit flu bisa menjadi penyakit berbahaya dan mematikan bila flu tersebut diakibatkan oleh infeksi virus flu burung (H5M1). Flu burung telah menyebar dan merenggut jutaan nyawa manusia dalam waktu singkat di negara-negara Asia. Tidak mengherankan jika penyakit ini berada pada peringkat ketujuh daftar penyakit yang paling berbahaya bagi pria. Saat ini ahli kesehatan dunia masih meneliti sejumlah vaksin flu burung yang dianggap bisa mencegah meluasnya wabah ini.

Selain itu, penyakit flu yang berbahaya adalah flu yang disertai dengan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae dan menyebabkan penyakit pneumonia. Kita dapat mencegah penyakit pneumonia dengan cara melakukan vaksin pneumokokus. Hindari pula memakai barang-barang pribadi milik penderita agar kita tidak tertular.

8. Bunuh Diri

Walau para pria dari luar terlihat sebagai pribadi jantan yang tangguh, namun dalam beberapa hal mereka miliki jiwa yang lemah. Putus asa dan pemikiran bahwa tidak ada lagi harapan untuk masa depan adalah awal mula aksi bunuh diri. Bunuh diri disebabkan oleh depresi yang berlebihan dalam melihat kenyataan hidup. Gejala-gejala depresi antara lain sulit tidur, sulit berkonsentrasi, tidur tidak nyenyak, tidak selera makan dan berkurangnya kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Bunuh diri memang bukan suatu penyakit secara fisik layaknya stroke, diabetes dan serangan jantung. Namun bunuh diri memberi andil sebagai penyebab nomor 8 mengapa banyak pria di dunia ini meninggal dunia. Kita bisa mencegah lebih banyak aksi bunuh diri dengan menerapkan pola hidup syukur, menghargai perbedaan pendapat, mendekatkan diri kepada Tuhan dan lebih banyak bertukar pendapat mengenai masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.

9. Penyakit Ginjal

Secara normal, ginjal manusia berfungsi dalam menyaring kotoran yang terkandung dalam darah lalu membuang melalui sistem ekskresi yang berupa urine atau air kencing. Saat ginjal tidak mampu menyaring berbagai kotoran, maka orang tersebut akan mengalami penyakit gagal ginjal. Penurunan fungsi ginjal umumnya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Namun penyakit ini bisa juga terjadi kepada anak muda yang kurang mengkonsumsi air putih dalam kegiatan sehari-hari.

Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyakit yang bisa menyebabkan penyakit ginjal. Penyakit ini kerap terjadi kepada para pekerja yang memiliki waktu berlama-lama untuk duduk dan lupa minum air. Kita bisa mencegah penyakit gagal ginjal dengan cara menghentikan kebiasaan merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, dan minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari.

10. Penyakit Alzheimer

Selanjutnya, penyakit yang menduduki peringkat kesepuluh sebagai penyakit paling berbahaya bagi pria adalah penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan berkurangnya kemampuan berpikir dan berbahasa manusia secara berangsur-angsur. Bisa dikatakan bahwa alzheimer adalah pencuri memori atau ingatan manusia. Seorang pria, umumnya para orang tua, yang terkena penyakit ini akan lupa identitas diri, keluarganya dan ingatan masa lalunya.

Sama halnya dengan penyakit demensia, belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit alzheimer. Meski demikian, para ahli medis memperkirakan tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, diabetes, dan kolesterol tinggi sebagai awal mula menurunkan kemampuan ingatan manusia. Para pria bisa mencegah kemungkinan terkena penyakit alzheimer dengan mengindari rokok, menjaga kebugaran tubuh dan aktif bersosial dengan orang-orang di sekitar.

Itulah daftar 10 penyakit paling berbahaya yang sering terjadi kepada pria. Beberapa diantara bisa mengancam nyawa, sedangkan lainnya bisa membahayakan keselamatan diri. Kita bisa mencegah terjadi penyakit-penyakit di atas dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan tetap menyayangi keluarga. Semoga informasi kali ini berguna untuk Anda. Mari berperilaku sehat untuk masa depan yang lebih baik!

Artikel Terkait Lainnya:

  1. 7 Kecelakan Seks Paling Berbahaya Yang Pernah Terjadi
  2. 9 Hal Yang Membuat Seks Terasa Menyakitkan Bagi Pria
  3. 5 Posisi Seks Paling Berbahaya (gambar)
  4. Waktu Paling Favorit Pria Ingin Bercinta
  5. Viagra Sebabkan Tingginya Penularan Penyakit Menular Seksual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

'''''' My Great Canvas app